Sabtu, 06 Maret 2010

Telaah Kurikulum

1. Merumuskan Indikator Hasil Belajar


No Kompetensi Dasar Indikator
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya. Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukan kelebihan dan kekurangannya.
Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya.
Menjelaskan dasar pengelompokan unsur dalam tabel periodik.
Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi serta massa atom relative berdasarkan tabel periodik.
Mengklasifikasikan unsur berdasarkan sifat-sifatnya.
Menganalisis tabel dan grafik untuk menentukan sifat-sifat periodik unsur.
1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk. Menjelaskan kecenderungan atom-atom untuk membentuk suatu ikatan.
Menjelaskan dan menggunakan kaidah Lewis-Kossel serta struktur Lewis untuk menggambarkan konfigurasi elektron valensi atom.
Menjelaskan dan menggambarkan proses ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam.
Menjelaskan sifat-sifat suatu senyawa sesuai dengan ikatan kimianya.
1.3 Mendiskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya. Menuliskan nama senyawa biner.
Menuliskan nama senyawa ion.
Menuliskan nama senyawa terner.
Menuliskan nama senyawa organik.
Menyetarakan suatu persamaan kimia dengan benar.
1.4 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hokum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia. Menjelaskan dan memformulasikan hukum-hukum dasar kimia.
Membuktikan dan menggunakan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah-masalah kimia sederhana.
Menjelaskan, memformulasikan, dan menghitung massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Menjelaskan dan menggunakan konsep mol dalam stoikiometri gas, stoikiometri senyawa, dan stoikiometri reaksi.
2. Mengembangkan Pengalaman Belajar


No Kompetensi Dasar Pengalaman Belajar
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya. Membaca buku
Mendengarkan ceramah
Diskusi

1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk. Membaca buku
Mendengarkan ceramah
diskusi
2.1 Mendiskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya. Membaca buku
Mendengarkan ceramah
diskusi
2.1 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hokum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia. Membaca buku
Mendengarkan ceramah
Diskusi
Melakukan percobaan


3. Alat Penilaian Hasil Belajar


Kompetensi Dasar Alat penilaian hasil belajar
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron 1. Tes uraian
2. Daftar pertanyaan untuk tes lisan (mengenai pamahaman siswa tentang pengaruh konfigurasi elektron terhadap keteraturan unsur-unsur dalam tabel periodik)
3. Tugas pekerjaan rumah baik secara berkelompok maupun individu yang diberikan pada akhir pertemuan
4. Lembar penilaian portofolio

1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk 1. Tes uraian dan tes pilihan ganda
2. Daftar pertanyaan tes lisan
(proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta perbedaan dan hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk)
3. Tugas pekerjaan rumah baik secara berkelompok maupun individu yang diberikan pada akhir pertemuan

2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya

1. Tes uraian dam isian singkat
(tentang penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana dan persamaan reaksinya)
2. Daftar pertanyaan untuk tes lisan
(tanya jawab dengan siswa mengenai penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana)
3. Tugas pekerjaan rumah baik secara berkelompok maupun individu yang diberikan pada akhir pertemuan
4. Lembar penilaian portofolio

2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
1. Tes uji petik kinerja siswa yaitu keterampilan siswa dalam melaksanakan praktikumdan cara penyampaian hasil praktikum secara lisan
2. Tes uraian
3. Tugas pekerjaan rumah secara individu yang diberikan pada akhir pertemuan
4. Projek secara berkelompok tentang praktikum dan pelaporannya
5. Lembar penilaian portofolio


Projek adalah tugas yang diberikan kepada peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Peserta didik dapat melakukan penelitian melalui pengumpulan, pengorganisasian, dan analisis data, serta pelaporan hasil kerjanya. Penilaian projek dilaksanakan terhadap persiapan, pelaksanaan, dan hasil.

Portofolio adalah kumpulan dokumen dan karya-karya peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan prestasi, dan kreativitas peserta didik (Popham, 1999). Bentuk ini cocok untuk mengetahui perkembangan unjuk kerja peserta didik dengan menilai bersama karya-karya atau tugas-tugas yang dikerjakannya. Peserta didik dan pendidik perlu melakukan diskusi untuk menentukan skor. Pada penilaian portofolio, peserta didik dapat menentukan karya-karya yang akan dinilai, melakukan penilaian sendiri kemudian hasilnya dibahas. Perkembangan kemampuan peserta didik dapat dilihat pada hasil penilaian portofolio. Teknik ini dapat dilakukan dengan baik apabila jumlah peserta didik yang dinilai sedikit.

4. Mengembangkan kegiatan Belajar Mengajar


No Kompetensi Dasar Eksplorasi Elaborasi Konfirmasi
1.1





























1.2




























1.3

































1.4 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi electron.








Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk










Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya
















Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep
mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
menggali pengetahuan siswa

· Bagaimana bunyi postulat
Bohr?

· Bagaimana sifat-sifat unsur Golongan IA dalam sistem periodik?

Bagaimana konfigurasi elektron unsur golongan gas mulia?










Menjelaskan mengenai ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan logam dan melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari















· Menjelaskan pengertian senyawa organik dan anorganik.

· Memberi beberapa pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa

· Jelaskan perbedaan senyawa organik dan anorganik?












Menjelaskan dasar-dasar hukum kimia dan tata tertib dalan melakukan praktikum
Membantu siswa memperluas dan mengkonstruksi pengetahuannya

· Menugaskan siswa menjawab permasalahan di LKS secara berkelompok

· Mendampingi kelompok-kelompok siswa dalam mengerjakan LKS

· Menugaskan siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya






· Menugaskan siswa menjawab permasalahan di LKS mengenai topik yang sedang dibahas secara berkelompok

· Mendampingi kelompok-kelompok siswa dalam mengerjakan LKS

· Menugaskan siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya







· Menugaskan siswa menjawab permasalahan di LKS mengenai topik yang sedang dibahas secara berkelompok

· Mendampingi kelompok-kelompok siswa dalam mengerjakan LKS

· Menugaskan siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya










· Menjelaskan kepada siswa mengenai prosedur percobaan

· Mengamati siswa melakukan percobaan

· Memberikan beberapa masalah/pertanyaan kepada siswa mengenai percobaan yang telah dilakukan (dilakukan secara diskusi) memberikan umpan balik yang positif, refleksi dan penguatan

· Mengkoreksi hasil diskusi/presentasi siswa jika terdapat kekeliruan/miskonsepsi pada pemahaman siswa mengenai topik yang dibahas

· Memberikan penguatan pada konsep-konsep penting

· Memberikan permasalahan mengenai teori atom Bohr (studi kasus) untuk mengecek pemahaman siswa






· Mengoreksi hasil diskusi/presentasi siswa jika terdapat kekeliruan/miskonsepsi pada pemahaman siswa mengenai topik yang dibahas

· Memberikan penguatan pada konsep-konsep penting

· Memberikan permasalahan mengenai ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam (studi kasus) untuk mengecek pemahaman siswa



· Mengoreksi hasil diskusi/presentasi siswa jika terdapat kekeliruan/miskonsepsi pada pemahaman siswa mengenai topik yang dibahas

· Memberikan penguatan pada konsep-konsep yang dianggap penting

· Memberikan kuis kecil mengenai senyawa organik dan anorganik (studi kasus) untuk mengecek pemahaman siswa









· Menyuruh siswa mengkomunikasikan hasil diskusi

· Memberikan klarifikasi bila ada konsep yang salah

· Mengecek pemahaman siswa dengan memberikan kuis (tes individu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar